Bauran Pemasaran PT. Indofood
Minyak goreng
termasuk salah satu dari sembilan bahan pokok dan dikonsumsi oleh hampir
seluruh masyarakat Indonesia baik yang berada di perkotaan maupun di pedesaan.
Salah satu merek minyak goreng yang menjadi pelopor kemunculan minyak goreng
kemasan bermerek adalah Bimoli. Banyaknya merek minyak goreng kemasan yang
beredar di masyarakat saat ini, membuat PT. Indofood sebagai perusahaan yang
memasarkan Bimoli untuk mempertahankan konsumen supaya tidak pindah ke merek
pesaing. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan PT.Indofood ialah dengan
bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat/saluran distribusi,
dan promosi. Dengan bauran pemasaran yang tepat akan membantu PT. Indofood
untuk mempertahankan konsumennya untuk melakukan pembelian ulang terhadap
minyak goreng Bimoli.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap loyalitas konsumen dalam membeli minyak goreng kemasan merek Bimoli dan mengetahui bauran pemasaran manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap kesetiaan konsumen.
Penelitian dilakukan di LotteMart Whosale Pasar Rebo, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dan kualitatif, sedangkan teknik penelitiannya adalah suatu kasus. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui Koefisien determinasi sebesar 66 persen, yang artinya terjadi pengaruh yang kuat dari bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen Bimoli. Bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen adalah bauran produk dan bauran distribusi. Konsumen yang diteliti paling banyak masuk ke dalam kategori satisfied buyer yang setia kepada Bimoli dikarenakan merasa puas dengan Bimoli karena sesuai dengan keinginan dan selera konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap loyalitas konsumen dalam membeli minyak goreng kemasan merek Bimoli dan mengetahui bauran pemasaran manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap kesetiaan konsumen.
Penelitian dilakukan di LotteMart Whosale Pasar Rebo, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dan kualitatif, sedangkan teknik penelitiannya adalah suatu kasus. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui Koefisien determinasi sebesar 66 persen, yang artinya terjadi pengaruh yang kuat dari bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen Bimoli. Bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen adalah bauran produk dan bauran distribusi. Konsumen yang diteliti paling banyak masuk ke dalam kategori satisfied buyer yang setia kepada Bimoli dikarenakan merasa puas dengan Bimoli karena sesuai dengan keinginan dan selera konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar