Selasa, 20 Oktober 2015

Pasar Monopoli


A.       DEFINISI PASAR MONOPOLI
            Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Artinya Pasar Monopoli terjadi dimana hanya ada satu penjual produk, dan tidak ada produk lain yang menjadi pengganti (no substitutes) dari produk yang diperdagangkan oleh si monopolis (orang yang menjalankan monopoli).


B.       CIRI-CIRI PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli mempunyai beberapa ciri, diantaranya:
·       Di dalam pasar hanya terdapat satu penjual. Penjual tunggal berhak menguasai pasar yang dimonoplinya, tanpa ada campur tangan dari pihak manapun.
·       Jenis barang yang diproduksi tidak ada penggantinya. Barang yang ada dalam pasar monopoli tidak ada yang sama. Misalnya terdapat monopoli shampo, maka disana hanya ada satu pedagang shampo dan tidak ada pedagang shampoo yang lain. tetapi jangan diartikan bahwa tidak ada pedagang lain selain pedagang shampo, misalnya sepatu, rokok, kaset, dan sebagainya, tetap ada. Sebab semua pedagang itu bukan merupakan substitutusi yang baik untuk shampo.
·       Ada hambatan atau rintangan (barriers) bagi perusahaan baru yang akan masuk dalam pasar monopoli. Faktor penghambat ini ada dua macam, yaitu faktor penghambat teknis dan faktor penghambat legal.

C.        FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN  MONOPOLI        
Terdapat tiga faktor yang dapat menyebabkan wujudnya pasar (perusahaan) monopoli.Ketiga faktor tersebut adalah:
o   Perusahaan Monopoli Memiliki Suatu Sumber Daya yang Unik dan Tidak Dimiliki oleh Perusahaan Lain. 
o   Salah satu sumber penting dari adanya monopoli adalah pemilikan suatu sumber daya yang unik (istimewa) yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain. Perusahaan air minum di suatu kota adalah salah satu contoh lain dari kekuasaan monopoli yang memiliki sumber daya yang unik.
o   Perusahaan Monopoli pada Umumnya Dapat Menikmati Skala Ekonomi(Economies of Scale) hingga ke Tingkat Produksi yang Sangat Tinggi.
o   Monopoli ada dan berkembang melalui UU yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.

D.           MONOPOLI ALAMIAH
Monopoli alamiah pada umumnya dijumpai dalam perusahaan jasa umum (utilities) seperti perusahaan listrik, perusahaan air minum, perusahaan telepon, dan prusahaan amgkutan kereta api.
Arti monopoli secara alamiah adalah perusahaan yang terus menerus menikmati skala ekonomi hingga pada tingkat produksi yang sangat banyak jumlahnya, berarti AC terus menerus turun hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
Untuk menghindari kerugian yang dialami oleh pasar monopoli, pemerintah perlu campur tangan dengan menetapkan harga yang wajar, dan dengan itu dapat meringankan konsumen barang produksi monopoli, tersebut.

E.        KEBAIKAN DAN KELEMAHAN MONOPOLI
a.     Kebaikan pasar monopoli
1.     Keuntungan penjual cukup tinggi
2.     Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya diatur pemerintah
3.     Mampu mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang
4.     Menghasilkan output yang besar melalui peningkatan efisiensi
5.     Mampu meningkatkan investasi ekonomi
6.     Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)
7.     Adanya efisiensi usaha karena produksinya dilakukan dalam skala besar.

b.     Kelemahan pasar monopoli
1.     tidak adanya pemerataan distribusi pendapatan.
2.     kemungkinan harga yang ditetapkan tidak dalam tingkat rendah.
3.     masyarakat tidak memiliki banyak  pilihan dalam mengonsumsi barang dan jasa.
4.     Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen
5.     Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja
6.     Memburuknya kondisi makroekonomi nasional
7.     Memburuknya kondisi perekonomian Internasional

CONTOH KASUS PASAR MONOPOLIF.       
Perusahaan Microsoft masih perusahaan kecil pada tahun 1981 ketika IBM memilih untuk menyediakan sistem operasi untuk komputer pribadi tersebut. seperti perusahaan lain “cloned” PC IBM, bisnis microsoft meningkat. pada tahun 1992, yaitu menguasai lebih dari 90 persen pasar untuk sistem operasi pc. microsoft diperlukan produsen komputer yang diinstal windows pada salah satu komputer mereka, untuk membayar royalti microsoft pada setiap komputer yang dijual, apakah komputer benar-benar telah diinstal windows di dalamnya.
Departemen keadilan melihat ini sebagai potensi pelanggaran hukum antitrust karena membuat sulit bagi perusahaan baru untuk masuk pasar untuk sistem operasi. Setiap produsen pc yang ingin menggunakan windows pada salah satu pc kemungkinan akan menggunakannya pada semua pc, karena jika produsen memasang windows non sistem operasi pada pc yang akan membayar dua kali, pertama untuk microsoft dan kedua untuk perusahaan yang benar-benar menggunakan sistem operasi itu. untuk mencegah penyelidikan oleh Departemen Kehakiman, microsoft setuju pada tahun 1994 untuk menghentikan praktek ini. setelah itu, produsen pc harus membayar microsoft hanya ketika komputer mereka menjual benar-benar telah diinstal windows di atasnya (Patrick, 2007).

G.        MENGAPA MICROSOFT DISEBUT SEBAGAI PASAR MONOPOLI ?
Internet sudah merupakan bagian dari kehidupan yang menghubungkan setiap
bagian dari kehidupan kita. Internet merupakan bagian dari mekanisme telekomunikasi yang bersifat global yang fungsinya menjadi jembatan bebas hambatan informasi.
Perkembangan dunia maya tersebut ternyata membuat dan menciptakan berbagai kemudahan dalam hal menjalankan transaksi, dunia pendidikan, perdagangan, perbankan serta menciptakan jutaan kesempatan untuk menggali keuntungan ekonomis.
Microsoft sudah merajai kancah dunia. Microsoft sudah menguasai lebih dari 90 persen pasar untuk sistem operasi pc. Dan tidak ada yang menyainginya. Microsoft tahun 1998, dituduh dapat merugikan pihak lain karena program “browser” yang dapat digunakan untuk menjelajah dunia maya itu melekat didalamnya.
Microsoft dikenal sebagai penyedia software-software proprietary, yang artinya, perusahaan akan menutup rapat kode programnya dan mengelolanya secara rahasia. Di lain pihak, Red Hat adalah distributor Linux yang merupakan software open source. Software jenis ini bisa dilihat kode programnya, pengguna juga bebas memodifikasi dan mendistribusikannya kembali ke orang lain. Red Hat Enterprise Linux, menurut Manager Produk Red Hat, dinilai sebagai contoh proyek open source yang paling sukses yang pernah dijual secara komersil.
Microsoft belum menunjukkan tanda-tanda akan meredupkan semangatnya untuk berkompetisi. Tapi, sudah menunjukkan kemauan bekerjasama dengan rivalnya. Salah satu contoh yang bisa dibilang penting adalah kerjasama dengan Sun Micrsystems pada bulan April 2004. Kerjasama tersebut menelurkan kesepakatan anti-monopoli antara Microsoft dengan Sun, dan keduanya sepakat untuk berbagi hak paten dan menjamin bahwa produk-produk dari kedua perusahaan tersebut bisa berinteroprasi.
Microsoft juga telah menyelesaikan kasus anti-monopoli dengan perusahaan pembuat software seperti Burst.com, Novell dan America Online milik Time Warner.Contoh Kasus Anti Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar