A.
DEFINISI PASAR
MONOPOLI
Pasar
monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu
bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu
harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai
"monopolis".
Pasar monopoli
adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja dan
perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang
sangat dekat. Artinya Pasar Monopoli terjadi dimana hanya ada satu penjual
produk, dan tidak ada produk lain yang menjadi pengganti (no substitutes) dari
produk yang diperdagangkan oleh si monopolis (orang yang menjalankan monopoli).
B.
CIRI-CIRI PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli mempunyai beberapa ciri,
diantaranya:
· Di dalam pasar hanya terdapat satu penjual. Penjual tunggal berhak
menguasai pasar yang dimonoplinya, tanpa ada campur tangan dari pihak manapun.
· Jenis barang yang diproduksi tidak ada penggantinya. Barang yang ada dalam
pasar monopoli tidak ada yang sama. Misalnya terdapat monopoli shampo, maka
disana hanya ada satu pedagang shampo dan tidak ada pedagang shampoo yang lain.
tetapi jangan diartikan bahwa tidak ada pedagang lain selain pedagang shampo,
misalnya sepatu, rokok, kaset, dan sebagainya, tetap ada. Sebab semua pedagang
itu bukan merupakan substitutusi yang baik untuk shampo.
· Ada hambatan atau rintangan (barriers) bagi perusahaan baru yang akan masuk
dalam pasar monopoli. Faktor penghambat ini ada dua macam, yaitu faktor
penghambat teknis dan faktor penghambat legal.
C.
FAKTOR-FAKTOR YANG
MENYEBABKAN MONOPOLI
Terdapat tiga
faktor yang dapat menyebabkan wujudnya pasar (perusahaan) monopoli.Ketiga faktor tersebut adalah:
o Perusahaan Monopoli Memiliki Suatu Sumber Daya yang
Unik dan Tidak Dimiliki oleh Perusahaan Lain.
o Salah satu sumber penting dari adanya monopoli adalah pemilikan
suatu sumber daya yang unik (istimewa) yang tidak dimiliki oleh orang atau
perusahaan lain. Perusahaan air minum di suatu kota adalah salah satu contoh
lain dari kekuasaan monopoli yang memiliki sumber daya yang unik.
o Perusahaan Monopoli pada Umumnya Dapat Menikmati Skala
Ekonomi(Economies of Scale) hingga ke Tingkat Produksi yang Sangat
Tinggi.
o Monopoli ada dan berkembang melalui UU yaitu
pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
D.
MONOPOLI ALAMIAH
Monopoli
alamiah pada umumnya dijumpai dalam perusahaan jasa umum (utilities) seperti
perusahaan listrik, perusahaan air minum, perusahaan telepon, dan prusahaan
amgkutan kereta api.
Arti
monopoli secara alamiah adalah perusahaan yang terus menerus menikmati skala
ekonomi hingga pada tingkat produksi yang sangat banyak jumlahnya, berarti AC
terus menerus turun hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
Untuk
menghindari kerugian yang dialami oleh pasar monopoli, pemerintah perlu campur
tangan dengan menetapkan harga yang wajar, dan dengan itu dapat meringankan
konsumen barang produksi monopoli, tersebut.
E.
KEBAIKAN
DAN KELEMAHAN MONOPOLI
a. Kebaikan
pasar monopoli
1. Keuntungan
penjual cukup tinggi
2. Untuk
produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya diatur pemerintah
3. Mampu
mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang
4. Menghasilkan
output yang besar melalui peningkatan efisiensi
5. Mampu
meningkatkan investasi ekonomi
6. Meningkatkan
kesehatan masyarakat melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)
7. Adanya
efisiensi usaha karena produksinya dilakukan dalam skala besar.
b. Kelemahan
pasar monopoli
1. tidak
adanya pemerataan distribusi pendapatan.
2. kemungkinan
harga yang ditetapkan tidak dalam tingkat rendah.
3. masyarakat
tidak memiliki banyak pilihan dalam
mengonsumsi barang dan jasa.
4. Hilang
atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen
5. Menimbulkan
eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja
6. Memburuknya
kondisi makroekonomi nasional
7. Memburuknya
kondisi perekonomian Internasional
Perusahaan Microsoft masih perusahaan kecil
pada tahun 1981 ketika IBM memilih untuk menyediakan sistem operasi untuk
komputer pribadi tersebut. seperti perusahaan lain “cloned” PC IBM, bisnis
microsoft meningkat. pada tahun 1992, yaitu menguasai lebih dari 90 persen
pasar untuk sistem operasi pc. microsoft diperlukan produsen komputer yang
diinstal windows pada salah satu komputer mereka, untuk membayar royalti
microsoft pada setiap komputer yang dijual, apakah komputer benar-benar telah
diinstal windows di dalamnya.
Departemen keadilan melihat ini sebagai
potensi pelanggaran hukum antitrust karena membuat sulit bagi perusahaan baru
untuk masuk pasar untuk sistem operasi. Setiap produsen pc yang ingin
menggunakan windows pada salah satu pc kemungkinan akan menggunakannya pada
semua pc, karena jika produsen memasang windows non sistem operasi pada pc yang
akan membayar dua kali, pertama untuk microsoft dan kedua untuk perusahaan yang
benar-benar menggunakan sistem operasi itu. untuk mencegah penyelidikan oleh
Departemen Kehakiman, microsoft setuju pada tahun 1994 untuk menghentikan
praktek ini. setelah itu, produsen pc harus membayar microsoft hanya ketika
komputer mereka menjual benar-benar telah diinstal windows di atasnya (Patrick,
2007).
G.
MENGAPA
MICROSOFT DISEBUT SEBAGAI PASAR MONOPOLI ?
Internet
sudah merupakan bagian dari kehidupan yang menghubungkan setiap
bagian dari
kehidupan kita. Internet merupakan bagian dari mekanisme telekomunikasi yang
bersifat global yang fungsinya menjadi jembatan bebas hambatan informasi.
Perkembangan dunia maya tersebut ternyata membuat dan menciptakan berbagai kemudahan dalam hal menjalankan transaksi, dunia pendidikan, perdagangan, perbankan serta menciptakan jutaan kesempatan untuk menggali keuntungan ekonomis.
Perkembangan dunia maya tersebut ternyata membuat dan menciptakan berbagai kemudahan dalam hal menjalankan transaksi, dunia pendidikan, perdagangan, perbankan serta menciptakan jutaan kesempatan untuk menggali keuntungan ekonomis.
Microsoft
sudah merajai kancah dunia. Microsoft sudah menguasai lebih dari 90
persen pasar untuk sistem operasi pc. Dan tidak ada yang menyainginya. Microsoft
tahun 1998, dituduh dapat merugikan pihak lain karena program “browser” yang
dapat digunakan untuk menjelajah dunia maya itu melekat didalamnya.
Microsoft
dikenal sebagai penyedia software-software proprietary, yang artinya,
perusahaan akan menutup rapat kode programnya dan mengelolanya secara rahasia.
Di lain pihak, Red Hat adalah distributor Linux yang merupakan software open
source. Software jenis ini bisa dilihat kode programnya, pengguna juga bebas
memodifikasi dan mendistribusikannya kembali ke orang lain. Red Hat Enterprise
Linux, menurut Manager Produk Red Hat, dinilai sebagai contoh proyek open
source yang paling sukses yang pernah dijual secara komersil.
Microsoft
belum menunjukkan tanda-tanda akan meredupkan semangatnya untuk berkompetisi.
Tapi, sudah menunjukkan kemauan bekerjasama dengan rivalnya. Salah satu contoh
yang bisa dibilang penting adalah kerjasama dengan Sun Micrsystems pada bulan
April 2004. Kerjasama tersebut menelurkan kesepakatan anti-monopoli
antara Microsoft dengan Sun, dan keduanya sepakat untuk berbagi hak paten dan
menjamin bahwa produk-produk dari kedua perusahaan tersebut bisa
berinteroprasi.
Microsoft
juga telah menyelesaikan kasus anti-monopoli dengan perusahaan pembuat software
seperti Burst.com, Novell dan America Online milik Time Warner.Contoh Kasus
Anti Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar